10 June 2014

Day 2, Media Trip Garuda Indonesia Facilities : Luar Biasa!

Terbangun, jarum jam tangan menunjukkan pukul 6 pagi lewat dan kemudian teringat jadwal kegiatan hari ini yang akan dimulai pukul 9 pagi dari hotel.
Membuka tirai jendela menuju balkon mendapati view Tangerang yang masih gelap. Damn! masih jam 5 waktu Jakarta! 

Hari kedua akan menjadi hari yang lebih mengesankan dari hari pertama. Setelah sarapan, bermula dari hotel pukul 9.30 rombongan Media Trip Garuda Indonesia Facilities melakukan check out dari hotel dan bertolak menuju Aerofood ACS yang berada tak jauh dari bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan shuttle bus Aerobus, masih satu grup dengan Garuda Indonesia..

Di tempat terpisah, Ecky Lazuardi, Marketing Executive Communication Garuda Indonesia cabang Balikpapan menuturkan, untuk itinerary hari kedua adalah kunjungan ke Garuda Maintenance Facilities (GMF), Aerofood ACS Catering Service dan Garuda Indonesia Training Center (GITC). Namun karena padatnya jadwal kunjungan yang ada di GMF maka jadwal kunjungan rombongan ke GMF ditiadakan dan langsung ke Aerofood ACS Catering Service dan GITC.


Aerofood ACS Catering Service
Lebih dari satu jam perjalanan rombongan tiba di gedung Aerofood ACS dan sesampainya di sana rombongan disambut oleh Bapak Marsiman.sebagai kepala pelatihan yang akan memandu selama field tour.

Aerofood ACS plant
gedung utama PT Aerofood ACS

PT Aerofood ACS merupakan anak perusahaan grup Garuda Indonesia yang bergerak di bidang makanan melayani jasa catering In flight meal untuk maskapai Garuda Indonesia dan beberapa maskapai asing seperti Japan Airlines, Korean Air, Emirates Air, Thai Airways dan beberapa maskapai ternama lainnya.

Di sini rombongan bisa mengetahui proses pembuatan dan proses penyajian makanan yang biasa disajikan di dalam pesawat selama penerbangan berlangsung.
Berbagai jenis makanan baik western menu, menu masakan ala Korea atau Jepang dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan airlines.

In flight meal
Rangkaian proses panjang di balik satu porsi in flight meal Garuda Indonesia

Higiene dan sanitasi yang diberlakukan oleh Aerofood ACS sangatlah ketat, mulai dari barang masuk hingga siap di sajikan. Standar Operational Procedure baik service, quality ataupun safety benar-benar terkontrol dengan baik guna memberikan hasil yang terbaik bagi pelanggan.

Nah, dari sini bisa dipahami bahwa banyak hal yang terjadi di balik seporsi menu hot meal yang dihidangkan di dalam kabin pesawat.
Field tour berlangsung kurang lebih selama satu jam dan sekotak oleh-oleh roti in flight meal dari Aerofood ACS menjadi pelengkap kunjungan hari itu.

Garuda Indonesia Training Center (GITC) Sekitar pukul 14.00 waktu setempat rombongan Media Trip Garuda Indonesia Facilities tiba di Garuda Indonesia Training Center. Dengan luas area mencapai 6 hektar, pusat pelatihan awak kabin dan pilot ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari kelas teori, kelas praktik, mock up cabin, wet drill pool, dormitory siswa hingga fasilitas flight simulator!

Garuda Indonesia Training Center, the incredible stories starts here!

Bapak Luis selaku senior manager GITC, menyambut rombongang dengan hangat dan membuka presentasi mengenai Garuda Indonesia serta pengenalan fasilitas GITC. Da, akhirnya beliau mempersilakan peserta rombongan untuk melihat secara langsung proses pelatihan awak kabin baik service training maupun safety training.

GITC, di sinilah tempat calon-calon awak kabin diberikan pelatihan untuk menjawab kebutuhan kru pesawat yang semakin meningkat di dunia penerbangan nasional. Secara umum pelatihan awak kabin terdiri dari service training dan safety training.
Selain melihat proses pelatihan awak kabin di dalam mock up jenis pesawat narrow body dan wide body , rombongan diajak untuk melihat proses pelatihan evakuasi penumpang, serta simulasi penyelamatan dalam kondisi pendaratan darurat di air. Motion mock-up nya pun bergerak miring layaknya proses ditching. Seru!

wet drill GITC
wet drill emergency training

Sebagai klimaksnya, peserta diajak memasuki tempat pelatihan pilot di flight simulator!
Hore..!
Beberapa peserta tampak antusias dengan kunjungan ke flight simulator , tak terkecuali saya yang mencoba sok cool tapi nyatanya tak bisa menyembunyikan kegembiraan dalam bahasa non verbal. Bagi saya, ini akan menjadi pengalaman yang mengesankan dan tak terlupakan.
Bagaimana tidak, sebuah kesempatan langka untuk memasuki dan merasakan sensasi terbang dari dalam ruang cockpit Airbus A320 berbentuk kapsul buatan Kanada seharga US$ 9 juta!
Keren.
Heboh.
Excited.
Himung… :)
flight simulator
Beberapa model flight simulator dan suasana di dalam cockpit A320.
Fotoku mana ya?
Di GITC, Garuda Indonesia memiliki beberapa kapsul flight simulator untuk jenis pesawat yang berbeda, di antaranya model A320, A330, B747, B737-800NG, serta seri terbaru wide body tipe B777.

Tak terasa jam menunjukkan hampir pukul 4 sore, rombongan harus menyudahi euforia di dalam cockpit flight simulator untuk bergegas menuju bandara Soekarno-Hatta. Belum puas rasanya, tapi pengalaman di hari kedua benar-benar AWESOME..! EXTRAORDINARY..! INCREDIBLE..!
Bagi saya sih, ga tau deh yang lain. 

Pukul 16.30 rombongan meninggalkan gedung Garuda Indonesia Training Center dan langsung menuju bandara untuk kembali ke Balikpapan dengan menumpang penerbangan Garuda Indonesia GA576 CGK-BPN pukul 19.45 WIB.

Media Trip Garuda Indonesia Facilities berakhir di armada Boeing 737-800NG dan dengan selamat mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan pada pukul 23.00 WITA.
Rombongan berpisah di bandara dan membawa kisah, kenangan, serta pengalaman tak terlupakan bersama Garuda Indonesia Experience yang siap untuk diceritakan kembali.

Kesimpulan dari perjalanan singkat ini adalah, di balik nama besar, keramahan dan kenyamanan maskapai Garuda Indonesia terdapat banyak faktor-faktor pendukung yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya. Selain alasan pangsa pasar middle-up, sekarang jadi tahu dan memaklumi mengapa harga tiket Garuda Indonesia lebih mahal dari maskapai lainnya. Lebih dari sekadar dapat makan di pesawat!

Beyond the imagination deh, ternyata Indonesia punya maskapai sekeren ini. Makin cinta sama Garuda Indonesia, tapi cinta klub bolanya masih ManU :)  

Media Trip Garuda Facilities sponsored by Garuda Indonesia (@IndonesiaGaruda,  @Garuda_BPN) and supported by Blogger Samarinda (@BloggerSmr)

Big thanks to Garuda Indonesia, Blogger Samarinda, and all participants of Media Trip Garuda Indonesia Facilities. You are absolutely awesome..!

2 comments:

  1. Waaa.. kepingin numpak "wahana" simulator kuwi.. trus njajal tak tabrakno iso mbledos gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..arep dadi teroris nang simulator? *jitak

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..