14 June 2014

GITC, Layanan Terbaik Garuda Indonesia Berawal dari Sini | Media Trip Garuda Indonesia Facilities

 
Represents the hospitality of Garuda Indonesia services
Itulah kalimat yang paling saya suka sebagai keterangan pada sebuah foto yang saya unggah di akun instagram saya @apurie

GITC main building

Dara manis yang senyumannya bikin meleleh itu adalah resepsionis di Executive Lounge Garuda Indonesia bandara Sepinggan, Balikpapan yang saya kunjungi beberapa waktu lalu bersama rombongan Media Trip Garuda Indonesia Facilities.


GA Services

Keramahtamahan karyawan Garuda Indonesia merupakan komitmen Garuda Indonesia dalam melayani pelanggan, dan senyuman resepsionis tersebut mewakili keramahtamahan layanan Garuda Indonesia.

Hari kedua program Media Trip Garuda Indonesia Facilities, setelah mengintip dapur Aerofood ACS rombongan menuju ke kawasan Duri Kosambi, Jakarta Barat untuk menggali pengalaman di Garuda Indonesia Training Center (GITC).

GITC merupakan salah satu nyawa Garuda Indonesia dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkompeten dan siap pakai sesuai kebutuhan Garuda Indonesia. Tak hanya pramugari dan pilot yang dididik di sini, namun semua karyawan yang berhubungan dengan safety dan services juga dididik di sini.

Luis Parada selaku Senior Manager Learning and Innovation Garuda Indonesia menerima rombongan di dalam training room untuk memberikan pengenalan singkat mengenai Garuda Indonesia dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki GITC.

Luis Parada
Luis Parada sedang menjelaskan tentang Garuda Indonesia dan GITC (foto : Natha)
 
Beliau menjelaskan bahwa Garuda Indonesia memiliki komitmen tinggi terhadap service dan safety di tengah persaingan dan persepsi 'mahal' Garuda Indonesia.
"Memang mahal, tapi mahal di sini bukan berbicara profit namun mengikuti sebuah value. Cost tinggi karena di belakangnya ada value dan sebuah investasi yang besar", ujar Luis mencoba menjelaskan.
Benar memang, harga tiket penerbangan Garuda Indonesia memang dianggap mahal, namun di balik itu ada hal-hal yang mendukung primanya pelayanan dan keselamatan Garuda Indonesia.
Luis menambahkan, di GITC juga memberikan pelatihan finance dan leadership guna proses regenerasi yang lebih baik.

Service dan Safety
Seperti dijelaskan oleh Luis Parada bahwa ada 2 aspek yang menjadi prioritas GITC yakni service dan safety. Para peserta pelatihan bisa saja lulus service test, tapi tidak sedikit yang gagal di safety test. "Tidak ada toleransi untuk safety. Zero tolerance!", tegasnya.

Inside mock-up
mock-up cabin
Garuda Indonesia Training Center berdiri di atas lahan seluas 6 Ha, dan memiliki pusat pelatihan terlengkap se-Indonesia. Untuk mendukung program pelatihan, Garuda Indonesia memiliki mock-up cabin untuk pesawat narrow body dan wide body. Di sini calon awak kabin dilatih untuk dapat memberikan pelayanan kepada penumpang sesuai standar Garuda Indonesia, termasuk di antaranya cara merias diri, berjalan di catwalk sebagai simulasi berjalan di lorong pesawat hingga materi table manner untuk meningkatkan personalisasi serta keramahtamahan calon awak kabin.

Catwalk
Sragam pramugari Garuda Indonesia

Service training tour diakhiri dengan ucapan terima kasih dan senyuman hangat dari calon-calon pramugari.
Selanjutnya safety training calon awak kabin dan flight simulator! *capek nulisnya :)

2 comments:

  1. om itu luis paradah bukan luis parasa..... itu senior manager loh jgn typo XD...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..