15 June 2014

Seru-seruan di Flight Simulator A320 Garuda Indonesia. Seru! | Media Trip Garuda Indonesia Facilities

Perjalanan Media Trip Garuda Indonesia hari kedua menyusuri dapur Aerofood ACS dan Garuda Indonesia Training Center. Setelah melihat dengan dekat proses evakuasi pendaratan darurat, rombongan peserta Media Trip Garuda Indonesia Facilities diajak untuk merasakan tempat pelatihan para pilot, flight simulator!

Bagi saya ini adalah klimaks dari perjalanan Media Trip Garuda Indonesia Facilities kali ini. Bagaimana tidak, ini adalah kesempatan untuk merasakan sensasi terbang berada di ruang kokpit, duduk di kursi paling depan dalam sebuah pesawat! Setidaknya dalam simulator :)

Flight Simulator modul
Nungging, entah kondisi seperti apa yang sedang disimulasikan :)

Flight simulator adalah sebuah kapsul berukuran sekitar 3x3 meter yang digunakan untuk simulasi penerbangan bagi calon pilot guna memberikan pelatihan yang maksimal ‘mengendarai’ pesawat. Di dalam flight simulator disimulasikan berbagai kondisi yang mungkin akan terjadi selama penerbangan berlangsung, seperti take-off, landing, joy flight, cuaca buruk, turbulence, engine failure, emergency landing dan lain sebagainya.

Panel kontrol dan interiornya berfungsi seperti yang ada di dalam kokpit pesawat sesungguhnya. Efek tampilan layar view 180-nya pun realistis, begitu juga dengan motion. Serasa di kokpit pesawat sesungguhnya.

Approaching
Approaching to runway | Foto : Frisca
Salah satu awak media yang ikut dalam rombongan Media Trip Garuda Facilities berkesempatan untuk menjajal menerbangkan Airbus A320 ini. Bermula dari descending serta approaching ke runway bandara Sepinggan, Balikpapan,  hasilnya bisa ditebak, overspeed, overshot dan…….keenam layarnya berubah menjadi warna merah! :) Suasana dalam flight simulator mendadak riuh mengetahui hidup kami berakhir di dalam kokpit. Untungnya ini hanya simulasi penerbangan :)

Heboh
Heboh! | Foto : Frisca
Peserta dalam rombongan tampak antusias dengan mengabadikan momen melalui kamera dan selfie, of course!.
Inside Flight Simulator
Begaya | Foto : Me, Natha, Frisca
Luis Parada menuturkan equipment flight simulator yang dimiliki GITC merupakan yang terlengkap di Indonesia dan Garuda Indinesia memiliki 6 flight simulator untuk pesawat jenis A320, A330, B737 Classic, B737NG, ATR hingga CRJ Bombardier.
Tahun 1996 hingga tahun 2008, GITC menjadi tempat pelatihan bagi pilot-pilot dari maskapai lainnya, namun sejak 2008 hingga kini flight simulator digunakan khusus untuk Garuda Indonesia karena kebutuhan pilot Garuda Indonesia sendiri cukup banyak.

Ruangan flight simulator ini berada di lantai dua dengan 6 mesin flight simulator yang berderet serta didukung oleh server komputer yang berada di ruangan terpisah. Hmm…server-nya aja satu ruangan penuh..!

Masda, instruktur flight simulator yang mendampingi kami menjelaskan, dalam satu sesi pelatihan simulasi penerbangan membutuhkan waktu sekitar 3 jam 45 menit. Dan bila ada individu yang ingin menyewa flight simulator ini bisa menyiapkan dana US$500 per jam untuk biaya sewanya. 5 juta per jam!

Tak terasa waktu menunjukkan pukul 4 sore, rombongan harus menyudahi euforia di dalam kepsul buatan Kanada seharga US$ 12 juta itu. Dua belas juta, pakai Dollar Amerika! Dan, baru ngeh sebuah pesawat A320 dikendalikan dari sebuah joystik!

Media Trip Garuda Indonesia Facilities sponsored by Garuda Indonesia (@IndonesiaGaruda, @Garuda_BPN) and supported by Blogger Samarinda (@BloggerSmr)
Big thanks!

Mau merasakan pengalaman menarik di dunia penerbangan seperti saya?
Ikut aja trip ke Aerofood ACS, Garuda Maintenance Facilities dan Garuda Indonesia Training Center melalui Package Tour GA-Edutourism dengan biaya mulai 2,7 juta. Info lengkap silakan hubungi Ecky di 0819 5236 4756

7 comments:

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..