25 September 2008

Bikin Kartu Lebaran Sendiri

Dalam 10 tahun yang lalu bisnis kartu lebaran adalah sebuah bisnis dadakan yang cukup menjanjikan keuntungannya di saat menjelang lebaran. Namun kini seolah tenggelam oleh pesatnya kemajuan teknologi yang menggantikan kartu ucapan lebaran. Kartu ucapan lebaran yang dulu banyak digemari dengan berbagai ragam jenisnya tergantikan oleh adanya teknologi yang lebih mudah, SMS dan e-card.

Walau begitu kartu lebaran yang djadoel itu tetap saja masih dibutuhkan untuk beberapa tujuan salah satunya adalah untuk corporate purpose. Kini, kartu elektronik (kartu lebaran) banyak dijumpai di berbagai situs penyedia e-card, pilihannya pun beragam mulai dari gambar statis hingga flash yang dapat bergerak (animasi). Namun bagi mereka yang gemar dengan Photoshop (contohnya saya), sepertinya lebih puas bila menggunakan disain kartu ucapan bikinan sendiri. Meskipun sederhana setidaknya beda dari yang sudah ada.

Nah, bagi yang tertarik, silakan untuk browsing kartu lebaran dari beberapa situs penyedia kartu lebaran untuk mencari ide yang kira-kira cocok dengan selera untuk dituangkan ke dalam ide dan disain yang baru. Bila mempunyai ide yang orisinil, tentu saja akan lebih baik.

Yang namanya kartu lebaran paling disainnya ya itu-itu saja. Kalau tidak gambar masjid, ketupat ya paling gambar orang bersalaman ditambah beberapa kalimat standar dengan huruf yang khas. Nah, untuk membuatnya beda tinggal bagaimana mengemas disainnya.

Untuk fasilitasnya yang paling pas ya menggunakan Adobe Photoshop. Tak perlu menggunakan versi yang terkini (saat tulisan ini dibuat versi terbaru adalah Photoshop CS3), Photoshop versi 7 pun sudah cukup untuk membuat disain kartu lebaran. Nah bila sudah selesai Anda tinggal mengirimkan kartu tersebut ke rekan dan kerabat via e-mail.

Catatan :

  1. Simpan hasil disain dalam bentuk JPEG dengan kompresi yang cukup untuk dikirim lewat e-mail. E-card dengan ukuran yang besar akan memperlambat proses loading dan download-nya.
  2. Bubuhkan alamat blog atau situs pribadi sebagai media promosi.
  3. Maaf bagi yang tidak familiar dengan Adobe Photoshop, masih banyak disain kartu lebaran bertebaran di sana. Silakan minta sama om Gugel.

14 comments:

  1. hihiiiiiiiii.... emang sih jaman sekarang kartu lebaran itu sudah agak bergeser.
    Coz di geser2 dengan kemudahan ber'sms ria.. atau teleponan :P

    Tapiiii... katanyaahh dengan kartu lebaran tuy lebih sopan, lagian isa di simpen buat kenang2an, trus.. lucu2 lagi bentuknya :D

    (psstt.. aku ajah ga ngirim kartu lebaran) xixixixi...

    btw... bikinin dunk mas *siul2*

    ReplyDelete
  2. gw gak usah bikin ahhh... dah banyak yg mbikinin... hi..hi...

    ReplyDelete
  3. kalo kirim parcel lewat email bisa juga ya ??

    ReplyDelete
  4. ntar ah acy nyoba, tapi cari inspirasi dulu :)

    ReplyDelete
  5. mau dong dibikinin kartu lebaran

    ReplyDelete
  6. @momon:
    halah..padune we ko..
    opo njualuk dikirimi?
    hehehehe..

    @masenchipz:
    yo wis..
    pake yang udah ada ajah..

    @dhani:
    bisa aja...
    kirim lewat PayPal.
    hehehehehe...

    @acy:
    asal jangan nyari di got aja ya..

    @anang:
    hehehehe...
    ada di toko mas..

    ReplyDelete
  7. ada yang punya contohnya???
    mas tukerna link yu!

    ReplyDelete
  8. @rizky:
    banyak contohnya..
    tukeran link?
    boleh aza..

    ReplyDelete
  9. Yo wis.. dikirimi wae kene mas... :P

    ReplyDelete
  10. sy ucapin met lebaran lewat SMS aja deh.. lg mls browsing prie.. btw, menjelang hari raya, maaf lahir batin yah.. en met lebaran

    ReplyDelete
  11. trafikku banjir mas posting ginian :D

    ReplyDelete
  12. @dee:
    same-same deh..
    *welah*

    @tony:
    ngungsi ke sini ajah mas..
    hehehehehe...

    ReplyDelete
  13. coba dilihat mas http://zaduna.blogspot.com/2008/09/selamat-idul-fitri-1429-h.html

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..