02 September 2008

Lebih Baik Diam

Puasa adalah ibadah yang tidak hanya menahan lapar dan dahaga belaka. Lebih dari itu, puasa dapat melatih untuk menahan nafsu, melatih kepekaan hati dan juga kesabaran. Begitulah kalimat yang diungkapkan beberapa ahli ibadah mengenai puasa.

Hari ini hari kedua puasa, sepertinya godaan puasa telah datang. Godaan bukan berbentuk lapar atau haus, lebih dari itu godaan berupa amarah, emosi yang mau tidak mau diredam. Entah mengapa hari ini suasananya koq ya sensi banget, puncaknya saat berhadapan dengan pekerjaan. Sekian lama entry data ke Excel entah kenapa tiba-tiba kompi shutdown. Bagooosss..!!!

Oh my god, what’s happening? Apa aku salah pencet tombaol? Astaga…..data belum di-save. Nande kore? Danjiki desho? Mochiron desu ne! Sabar..sabar..masih puasa hari ini. Perjalanan masih panjang, belum lagi ngebayangin jalanan macet pas jam pulang kantor. Sabar ya.sabar. Wahai orang-orang yang beriman, yang tidak beriman tidak wahai..halah..ngomong opo seh?

Kalau sudah begini memang benar, di bulan puasa tidur adalah ibadah, diam adalah ibadah dan nge-game­ tentu ibadah juga kan? Daripada terbakar amarah, setan-setan tertawa setan di dalam ‘penjara’ mungkin lebih baik diam saja, diam seribu bahasa. Sing penting isih eling.

19 comments:

  1. lebih baik lagi tilawah dengan tartil. setidaknya mendengar mp3 tilawah deh kayaknya Kang....hehehe

    ReplyDelete
  2. diam itu emas, cerewet itu perak, ngrumpi itu perunggu

    ReplyDelete
  3. @gus:
    wah..brilliant idea tuh..

    @anang:
    wah..ko meneng wae..

    @iksan:
    ini ikutan PON apa olimpiade ko ngomongin medali.
    hehehe...

    ReplyDelete
  4. mending diem....sambil ngeplurk! ahahaha :p

    ReplyDelete
  5. puasa emang tantangannya disitu, selain nahan lapar ma haus termasuk nahan nafsu termasuk urusan marah, sabar simple tapi suilit sekali :)

    ReplyDelete
  6. iya.. mendingan diem.
    klo mau komunikasi, mending pake sms ajah..
    ahahah

    ReplyDelete
  7. iya.. mendingan diem.
    klo mau komunikasi, mending pake sms ajah..
    ahahah

    ReplyDelete
  8. @phie:
    yup bener..pi ko ngeplurk sih..

    @acy:
    pengalaman pasti ya?

    @boodee:
    eh akhirnya datang juga lo lut..
    kemane aje...
    hehehe..
    biasa sms-an ama beruang madu sih.
    hahahaha..

    ReplyDelete
  9. selain godaan makanan, yg terpenting juga godaan iman, apalagi saat jalan2 ke mall banyak cewek cantik..he..he

    ReplyDelete
  10. Setuju mas.... Diam labih baik..... Sip..... Salam Kenal......

    ReplyDelete
  11. iyaaa...
    nge-game ajaaaaa.... hahaha..
    masalah'na Q juga nge-game.. xixixixi..

    hari ke-4 ney sekarang, mo ikutan buka puasa di ugm ga?
    ekekeke :P :P

    ReplyDelete
  12. aku jadi ikut diam aja mas :D

    ReplyDelete
  13. @tony:
    kalo mas tony nih diam aja dapet duit.
    hahahaa..
    bener kan mas?

    @ario:
    yup..diam saja

    ReplyDelete
  14. Tidur juga ibadah, asal bukan tidur seharian biar nggak terasa laparnya kan Prie ? :-)
    Btw, kalau mau marah , mending ambil air wudhu, biar nggak jadi marah dan adem...

    ReplyDelete
  15. yo uis tho Le..sing sabar yoo....
    bulan ramadhan penuh berkah kiy...
    nek iso nahan nafsu amarah yo mugo2 bukan cuma selama ramadahan aja....
    *mix language...halah*
    ===========================
    haha..nande kore???
    anata wa pinter juga bahasa jepang....

    watashiwa kirei desu....
    yuu huu.....

    ReplyDelete
  16. @ani:
    kalo kebanyakan tidur malah lemes to mba...

    @jovie:
    wahahahaa..
    watashi wa nihon go ga sukoshi sika hanashimasen...
    anata wa kirei?
    mochiron desu ne..
    hahahaha..

    ReplyDelete
  17. weleh, emang tul mas! :D

    ni pada speak at nihongo nih. aq mah lum lancar nih.
    minna, konnichiwa.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..