27 September 2008

Tips Mudik dengan Motor

Mudik sepertinya sudah menjadi ritual wajib bagi para perantau di pulau Jawa yang umumnya datang dari wilayah Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Pertumbuhan sepeda motor beberapa tahun belakangan ini menyebabkan angka pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor turut meningkat tajam. Walaupun berisiko dan lebih melelelahkan, alasan ekonomis telah menjadi alasan utama dan tak menghalangi para perantau untuk mudik menggunakan sepeda motor.

Mau mudik pake motor? Berikut 4 faktor (4M) yang perlu diperhatikan.

  1. Man

Siapkan stamina untuk menempuh perjalanan jauh. Siapkan juga konsentrasi dan mental untuk menghadapi berbagai karakter pengendara lain yang berbeda-beda. Manfaatkan layanan posko mudik di sepanjang jalur mudik untuk beristirahat.

  1. Machine

Kenali karakteristik kendaraan Anda, siapkan kondisi mesin agar perjalanan lancar. Lakukan service ringan sebelum hari keberangkatan dan cek segala item yang penting. Bila ada hal yang janggal atau rusak, Anda masih punya waktu untuk memperbaikinya atau membawanya ke bengkel. Perlu diketahui bahwa ketangguhan mesin motor bebek standar dengan motor bebek > 125 cc berbeda, untuk itu perlakukan mereka secara proposional.

  1. Methode

Pahami cara berkendara yang aman dan nyaman, selalu utamakan keselamatan. Bila memungkinkan, mudik dalam rombongan akan lebih menguntungkan. Menghidupkan lampu di siang hari adalah sangat disarankan untuk mendukung safety riding. Tidak untuk penerangan melainkan agar keberadaan motor mudah terlihat oleh pengendara lain (eye catching). Hindari menerima telpon atau SMS saat berkendara.

  1. Material

Tak perlu malu-malu memasang 2 spion hanya karena gengsi diejek teman. Selalu gunakan spion standar dan hindari mengganti spion yang lebih kecil agar area blind spot tidak semakin besar.

Gunakan selalu helm standar, jaket plus penutup dada, celana berbahan jins, sarung tangan dan gunakan sepatu. Agak ribet memang, mengenakan celana jins dimaksudkan agar bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan - kecelakaan misalnya – celana jins akan meminimalisir luka gores di bagian kaki terutama bagian lutut.

Bila perlu sediakan ban dalam cadangan untuk mengantisipasi oknum penyebar ranjau paku di jalur mudik terutama di daerah Cikampek, Jawa Barat.

(sumber : QCC problem solving, materi talk show iradio, dan RTA motorcycle Rider’s Handbook)

Untuk download PDF RTA motorcycle Rider’s Handbook silakan klik di sini (1MB)

7 comments:

  1. wah sip markusip
    top markotop
    gud marsogut
    jos markojos
    wel margowel
    nyus mak nyus.....

    ReplyDelete
  2. @anang:
    weleh..mbales ki..
    co-pas...

    ReplyDelete
  3. trik n tips yg berguna bagi pengguna motor..met lebaran ya mas, mohon maaf bila ada salah kata n kalimat

    ReplyDelete
  4. Ijin copas yo mas......

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..