11 September 2008

Atasi Pusing Usai Jongkok

Pernahkah Anda mengalami pusing, pandangan jadi gelap dan berkunang-kunang saat berdiri setelah lama jongkok? Saya pernah mengalaminya bahkan bisa dibilang sering. Hal ini sesuai dengan hobi saya yang suka nongkrong numpang baca-baca di Gramed. Usai puas membaca-baca saat akan berdiri dari posisi jongkok tiba-tiba…jreeeng..dunia gelap dan berputar serasa sedang gempa.

Kasus semacam ini bisa dibilang gejala darah rendah (atau memang sudah?). Dalam kasus tertentu pusing saat berdiri usai jongkok lama bisa mengakibatkan pingsan, seperti yang pernah dialami olem salah satu teman saya.

Untuk mengatasinya gampang aja, setelah jongkok tidak disarankan untuk langsung berdiri tegak. Mulailah berdiri dengan perlahan-lahan dan berhentilah sejenak di posisi rukuk. Berhentilah selama 3-5 detik untuk memperlancar peredaran darah ke otak. Setelah itu silakan lanjutkan gerakan hingga berdiri tegak. Mudahkan?

Selamat mencoba.

16 comments:

  1. dokter aprie iksan kok sering pusing klo lama2 di depan kompi obatnya apa ya

    ReplyDelete
  2. artikel ini bermanfaat sekali. thx sharing infonya pak dokter

    ReplyDelete
  3. @iksan:
    pusing?
    obatnya matikan komputerx.
    hahahaha..

    @anang:
    kembali kasih..

    ReplyDelete
  4. akakaka... ne aku bangedddd...
    iyaw.. kena anemia :( :( hikz hikz..

    nek pas di posisi rukuk trus bablas kejongos piye???
    ahahaha.. ^o^

    ReplyDelete
  5. @mOmOn:
    itu berarti perlu ditandu..
    kekekeekekkk

    @reza:
    moga bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. aq sering pusing klo lagi nggak punya duit nih..gimana ya ngatasinnya Dok?

    ReplyDelete
  7. iyah nih dok aku pun sering ngalamin hal semacam itu, makasih yah sarannya

    ReplyDelete
  8. ntu mending sholat sekalian tuch,he3x :)

    ReplyDelete
  9. @papam:
    bagi2 ke sini ajah mas..
    hahaha...itung2 sodaqah

    @dugem:
    kembali kasih

    @acy:
    kalo shalat mah ga ada yang ngalamin pusing gini cy...

    ReplyDelete
  10. kalo pusingnya abis bangun tidur gimana tuu???

    ReplyDelete
  11. Thankyou banget sarannya, aku kadang seperti itu tuh, ntar kupraktekkan deh...

    ReplyDelete
  12. @akong:
    ya tidur lagi..hehehehe..

    ReplyDelete
  13. wah2 bagus infonya, bos,
    terima kasih ya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..